Kamis, 10 Januari 2019

Bullet Journal


Gambar terkait


Bullet journal? Apa itu?


Hasil gambar untuk bullet journal

Bullet Journal adalah metode mengatur hal-hal yang perlu atau sedang kamu lakukan menggunakan simbol. Nah, simbol-simbol yang digunakan menunjukkan status sebuah aktivitas, contohnya seperti pada gambar di atas. Tidak ada aturan dalam membuat Bullet Journal. Metode ini bertujuan untuk membuat planning menjadi lebih asyik dan menarik, sekaligus mendorong sisi kreatif kamu. Bullet journal biasa disebut dengan bujo. Kebanyakan orang lebih memilih menulis atau mengatur jadwal keseharian dengan handphone. Alasannya agar lebih simple. Akan tetapi, menulis agenda dengan bullet journal sendiri dapat membuat kamu menjadi lebih senang menulis dan mengatur jadwal dengan baik.

How to make bullet journal?


Hasil gambar untuk bullet journal

Membuat Bullet Journal tidak sesulit yang kalia kira. Yang hanya kamu butuhkan adalah sebuah notebook (sebaiknya yang tidak bergaris) dan alat tulis dengan warna beragam. Dengan alat-alat ini, kamu bebas berkreasi sesuka hati. Jika merasa kurang percaya diri dengan kemampuan seni kamu, stiker, foto, stempel, dan washi tape dapat digunakan untuk mempercantik Bullet Journal kamu. Tidak ingin Bullet Journal yang ramai hiasan? Tidak apa-apa. Bullet Journal kamu bisa dibuat dengan layout yang simple. Membuat Bullet Journal dengan warna monokromatik juga bukan masalah, yang penting kamu menikmati proses planning ini.

Apa saja hal yang harus dimuat dalam bullet journal?

Mulanya, konsep planning ini hanya digunakan untuk melacak status aktivitas keseharian Anda. Namun, banyak pengguna mulai memuat beragam bagian untuk melacak hal-hal lainnya. Selain halaman Index (untuk menjelaskan arti simbol-simbol yang akan digunakan) dan weekly planner (untuk memuat aktivitas kamu setiap harinya), salah satu segmen yang sangat berguna untuk Bullet Journal adalah expense tracker, alias catatan pengeluaran. Setiap kali kamu mengeluarkan uang, catat di bagian expense tracker agar flow keuangan kamu lebih mudah diatur.


Hasil gambar untuk bullet journal

Memuat segmen habit tracker juga dapat membantu kamu mengobservasi kebiasaan-kebiasaan yang ingin kamu pantau. Habit tracker ini berguna bagi yang ingin berhenti atau mengurangi kebiasaan buruk.

Hasil gambar untuk habit tracker bullet journal

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat bullet journal?


1. Buku khusus, seperti : travel note, ring book, binding, binder
2. Pena ternyaman, bisa memakai pena biasa atau brush pen
3. Pena warna atau highlighter
4. Alat bantu lain, seperti : penggaris, sticky note, paper clip, washitape, sticker karakter

Tonton juga beberapa video mengenai bullet journal lebih lanjut





Sumber :
https://journal.sociolla.com/lifestyle/bullet-journal/
http://riuusa.com/kreatips/peralatan-awal-berjurnal/
https://www.youtube.com/watch?v=ENhVa21EdL0
https://www.youtube.com/watch?v=XR4WITAuv_Y

Lintang berencana isi catatan harian dan bullet journal di :
instagram.com/lipa.notes

click follow 🙌 thank youu❤🌹

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Are The Reason

You Are The Reason Calum Scott There goes my heart beating 'Cause you are the reason I'm losing my sleep ...